Pelatihan Safety Culture

Pelatihan Safety Culture, pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja, pelatihan k3

Pelatihan Safety Culture

Pendahuluan

Pelatihan Safety Culture, yang dalam Bahasa Indonesia lebih dikenal dengan istilah Budaya K3, merupakan bagian dari budaya korporat (corporate culture). Dalam peraturan perundangan, Budaya K3 (Safety Culture) sudah digalakkan menjadi tema Bulan K3 yang ditetapkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan periode 2014 – 2019 berdasarkan Kepmenaker No. 386 Tahun 2014. Namun, penerapan Safety Culture di dunia industri sebenarnya sudah menjadi identitas dari budaya perusahaan secara keseluruhan.

Penerapan Safety Culture di perusahaan tidak hanya mencegah kecelakaan kerja namun menjadi jaring pengaman bagi roda bisnis perusahaan dengan mengelola peluang terjadinya insiden-insiden yang dapat menjadi bahaya laten menuju kecelakaan kerja yang akan merugikan perusahaan.

Untuk itu diperlukan kesiapan sumber daya perusahaan yang mumpuni dalam membangun Safety Culture dalam organisasi. Indohes Magna Persada dapat menyediakan jasa pelatihan Safety Culture yang berkualitas, terpercaya, dan komprehensif untuk para professional, top management, dan stakeholders. Kami siap membantu SDM terbaik di perusahaan Anda menjadi top leader in Safety Culture in town

Tujuan

Secara umum, tujuan yang akan dicapai dari pelatihan ini adalah peserta pelatihan memahami apa yang dimaksud dengan Culture dalam dunia K3. Culture yang dimaksud diantaranya Community Culture, Organizational Culture, dan Safety Culture. Lebih lanjut, Kami menyiapkan peserta untuk dapat memahami detail aspek Safety Culture, yaitu:

  1. Perbedaan Safety Culture dengan Safety Climate berdasarkan beberapa pemodelan Culture yang terdapat di dunia K3.
  2. Pemodelan dalam Safety Culture (contoh: Safety Culture Maturity Level, World-class Company Model, dll).

Manfaat Pelatihan Safety Culture

Manfaat dari pelatihan ini adalah perusahaan memiliki sumber daya manusia yang berkompeten dan mumpuni untuk membangun organisasi yang berbudaya K3 / Safety Culture. Kompetensi yang didapatkan peserta tidak hanya bersifat teoritis dan konseptual namun tentunya bersifat praktis dan skill-based sesuai sifat/nature bisnis perusahaan.

Sasaran

Pelatihan ini sangat cocok untuk para professional, top management, dan stakeholders serta para decision maker di organisasi. Untuk dapat menciptakan Budaya K3 perusahaan maka diharapkan para peserta dapat menjadi role model yang akan menjadi contoh leader yang menginspirasi para follower mereka di perusahaan.

Konsep dan Metodologi Pelatihan Safety Culture

Konsep pelatihan dilaksanakan dari kombinasi pembelajaran teori dan praktik (workshop). Peserta akan dibimbing oleh pelatih (trainer) yang merupakan Tenaga Ahli PT Indohes Magna Persada dan dibantu oleh Asisten Ahli yang akan mendampingi peserta. Pembelajaran menggunakan pendekatan interaktif dan partisipatif.

Untuk mengevaluasi kemampuan peserta maka diadakan pre-test dan post-test di setiap sesi modul. Peserta juga harus mengikuti workshop yang pelaksanaannya akan dirancang oleh masing-masing trainer. Setiap peserta akan dinilai secara skoring yang menggambarkan tingkat pendalaman pemahaman Safety Culture. Berikut adalah outline pelatihan Safety Culture.

Modul pelatihan adalah sebagai berikut:

  • Modul 1 : Teori dan Konsep tentang Culture serta Pengertiannya (Community Culture, Organizational Culture, Safety Culture)
  • Modul 2: Perbedaan dan Karakteristik Safety Culture dan Safety Climate
  • Modul 3: Pemahaman Beragam Pemodelan dalam Safety Culture

 Pembelajaran dapat dilakukan secara daring (online) maupun tatap muka (offline). Adapun untuk sistem pembelajaran online maka setiap peserta diwajibkan memiliki fasilitas minimum berikut:

  • Komputer/Laptop yang telah ter-install microphone
  • Aplikasi Zoom
  • Jaringan internet yang memadai (disarankan kuota tersedia minimum 3-4 GB, sinyal stabil non-buffering)

Waktu yang dibutuhkan untuk pelatihan Safety Culture adalah 16 jam yang dibagi menjadi 2 (dua) hari dengan waktu 8 (delapan) jam per hari.

Tenaga Ahli

Pelatihan akan dibimbing oleh 1 (satu) orang Pengajar Ahli dan dipandu Asisten Ahli. Anggota tim merupakan Tenaga Ahli dibawah PT Indohes Magna Persada yang mumpuni di bidangnya berdasakan pengalaman akademis dan praktis. Profile tenaga ahli dapat dilihat pada halaman berikut https://indohes.com/tentang-indohes/

Contact us

Whatsapp Kami: https://wa.me/+628111123898
Office: 021-22790208
Gedung Multindo Persada, 2nd fl. Jl. Mampang Prapatan 26, Jakarta Selatan, Indonesia
www.indohes.com
contact@indohes.com

error

Enjoy this website? Please spread the word :)