Pelatihan Ergonomi Industri

Bagikan ke Sosial Media

Pelatihan Ergonomi Industri, pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja, pelatihan k3

Pelatihan Ergonomi Industri

Pendahuluan

Pelatihan Ergonomi Industri – Masyarakat kita mengenal ergonomi dalam pekerjaan yang menggunakan komputer. Atau ergonomi seringkali hanya dikaitkan dengan masalah “Low Back Pain”. Pandangan tersebut benar, tapi terlalu sempit. Masalah yang berkaitan dengan bisa digambarkan sebanyak jenisnya pekerjaan. Karena itu masalah ergonomi bisa ditemukan di perkantoran, pengendara kendaraan, pekerja pabrik, pekerja gudang, dan pekerjaan lainnya yang melibatkan manusia sebagai pekerjanya.

Kita perlu menyesuaikan kapasitas dan limitasi pekerja pada sistem kerjanya. Sistem kerja yang dimaksudkan adalah: pekerjaan, peralatan kerja, dan lingkungan kerja. Hazard ergonomi timbul bila terjadi ketidak-sesuaian antara kapasitas dan limitasi pekerja dengan salah satu atau beberapa sub-sistem kerja yang dihadapi pekerja.

Hazard ergonomi sering tak dikenali oleh tenaga K3 di perusahaan, sehingga hazard tersebut tidak bisa dianalisis dan di kontrol sebagaimana mestinya. Hazard ergonomi cukup banyak di lapangan kerja sebab sekitar 80% jenis pekerjaan adalah pekerjaan manual yang melibatkan manusia. Dan sayangnya kontribusi ergonomi didalam meningkatkan kinerja K3 belum dikenal secara luas dan baik, sehingga hazard ergonomi tetap dalam status tidak terkontrol.

Kondisi sistem kerja yang tidak ergonomis bisa berdampak luas didalam perusahaan, a.l adalah: rendahnya produktifitas, terjadinya in-efisiensi, gangguan kesehatan, dan terjadinya kecelakaan. Semua hal tersebut adalah dampak yang menimbulkan kerugian baik secari finansial, mau secara moril bagi karyawan dan kelompok karyawan.

Tujuan

Secara umum:

  • Peserta pelatihan dapat berperan dalam mengelola masalah ergonomi ditempat kerja untuk menekan segala bentuk risiko yang ditimbulkan.

Secara khusus:

  1. Memberikan pemahaman mengenai dasar-dasar ergonomi
  2. Memberikan pemahaman mengenai dasar-dasar bahaya dan risiko ergonomi di tempat kerja.
  3. Memberikan pemahaman mengenai identifikasi bahaya dan risiko ergonomi suatu pekerjaan.
  4. Memberikan pemahaman mengenai pengendalian bahaya dan risiko ergonomi suatu kegiatan pekerjaan.
  5. Memberikan pemahaman tentang perancangan pekerjaan sesuai dengan konsep ergonomi.
  6. Memberikan pengetahuan praktis mengenai penerapan ergonomi di tempat kerja.
  7. Memberikan pengetahuan praktis mengenai cara kerja aman sesuai konsep ergonomi..

Manfaat Pelatihan Ergonomi Industri

Manfaat dari pelatihan ini adalah perusahaan memahami konsep ergonomi dalam kaitannya dengan sistem kerja; manusia, peralatan, pekerjaan, dan lingkungan kerja

perusahaan juga akan memahami berbagai jenis hazard dan risiko ergonomi, mengerti cara memotong rantai kejadian timbulnya risiko pada sistem kerja, dan memahami cara-cara membuat program manajemen ergonomi yang praktis, mudah, namun cukup handal untuk diterapkan di tempat kerja

Sasaran

Pelatihan ini sangat cocok untuk Supervisor, Manajer keatas, professional K3, dan Praktisi K3.

Konsep dan Metodologi Pelatihan Ergonomi Industri

Konsep pelatihan dilaksanakan dari kombinasi pembelajaran teori dan diskusi. Peserta akan dibimbing oleh pelatih (trainer) yang merupakan Tenaga Ahli PT Indohes Magna Persada dan dibantu oleh Asisten Ahli yang akan mendampingi peserta. Pembelajaran menggunakan pendekatan interaktif dan partisipatif.

Modul pelatihan adalah sebagai berikut:

  • Modul 1: Dasar-dasar Ergonomi
  • Modul 2: Antropometri
  • Modul 3: Biomekanik
  • Modul 4: Fisiologi
  • Modul 5: Bahaya dan Risiko Ergonomi di Tempat Kerja
  • Modul 6: Identifikasi Bahaya dan Risiko Ergonomi di Tempat Kerja
  • Modul 7: Pengendalian Bahaya dan Risiko Ergonomi di Tempat Kerja

Pembelajaran dapat dilakukan secara daring (online) maupun tatap muka (offline). Adapun untuk sistem pembelajaran online maka setiap peserta diwajibkan memiliki fasilitas minimum berikut:

  • Komputer/Laptop yang telah ter-install microphone
  • Aplikasi Zoom
  • Jaringan internet yang memadai (disarankan kuota tersedia minimum 3-4 GB, sinyal stabil non-buffering)

Waktu yang dibutuhkan untuk pelatihan Safety Culture adalah 16 jam yang dibagi menjadi 2 (dua) hari dengan waktu 8 (delapan) jam per hari.

Tenaga Ahli

Pelatihan akan dibimbing oleh 1 (satu) orang Pengajar Ahli dan dipandu Asisten Ahli. Anggota tim merupakan Tenaga Ahli dibawah PT Indohes Magna Persada yang mumpuni di bidangnya berdasakan pengalaman akademis dan praktis. Profile tenaga ahli dapat dilihat pada halaman berikut https://indohes.com/tentang-indohes/

Contact us

Whatsapp Kami: https://wa.me/+628111123898
Office: 021-22790208
Gedung Multindo Persada, 2nd fl. Jl. Mampang Prapatan 26, Jakarta Selatan, Indonesia
www.indohes.com
contact@indohes.com