Pelatihan K3 Manajemen Risiko

Bagikan ke Sosial Media

Pelatihan Manajemen Risiko, pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja, pelatihan k3

Pelatihan K3 Manajemen Risiko

Pendahuluan

Pelatihan K3 Manajemen Risiko Salah satu langkah untuk mencegah kecelakaan kerja adalah melalui implementasi Manajemen Risiko di tempat kerja. Dengan melakukan Manajemen Risiko di tempat kerja, perusahaan dapat mengidentifikasi beragam potensi bahaya dan peluang terjadinya risiko akibat ancaman bahaya di tempat kerja. Berangkat darisini, perusahaan dapat menyusun langkah strategis untuk mengendalikan peluang terjadinya risiko tersebut sehingga kecelakaan kerja dan insiden dapat ditekan bahkan ditekan.

Untuk dapat menjalankan manajemen risiko yang efektif dan efisien bagi perusahaan maka diperlukan SDM yang berkualitas dan berkompetensi. Kami siap memberikan edukasi dan pelatihan yang akan meningkatkan wawasan dan skill para professional dalam bidang Manajemen Risiko di Tempat Kerja.

Tujuan

Tujuan yang akan dicapai dari pelatihan ini adalah peserta pelatihan memahami :

  1. Apa yang dimaksud Risk, Uncertainty, dan Probability.
  2. Perbedaan Risk, Uncertainty, dan Probability.
  3. Pemodelan dalam Risk Management yang diterapkan di dunia K3.
  4. Konsep identifikasi bahaya dan risiko, metode analisis dan evaluasi risiko, serta menetapkan pengendalian yang sesuai dengan level of risk.

Manfaat Pelatihan K3 Manajemen Risiko

Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para professional K3/OHS, para pemimpin/leader perusahaan, serta pihak pekerja di berbagai tingkatan untuk dapat membuka pemahaman tentang Manajemen Risiko K3 di tempat kerja. Selain itu, pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan para professional untuk melakukan Manajemen Risiko di Tempat Kerja.

Sasaran

Perusahaan/ organisasi dari berbagai jenis industri (migas, otomotif, manufaktur, logistik), BUMN, multinational company hingga small-scale enterprises.

Konsep dan Metodologi Pelatihan K3 Manajemen Risiko

Konsep pelatihan dilaksanakan dari kombinasi pembelajaran teori dan praktik (workshop). Peserta akan dibimbing oleh pelatih (trainer) yang merupakan Tenaga Ahli PT Indohes Magna Persada dan dibantu oleh Asisten Ahli yang akan mendampingi peserta. Pembelajaran menggunakan pendekatan interaktif dan partisipatif.

Untuk mengevaluasi kemampuan peserta maka diadakan pre-test dan post-test di setiap sesi modul. Peserta juga harus mengikuti workshop yang pelaksanaannya akan dirancang oleh trainer. Berikut adalah outline pelatihan Risk Management.

Modul pelatihan secara umum adalah sebagai berikut.

  1. Modul 1 : Teori dan Konsep tentang Risk serta Pengertiannya
  2. Modul 2: Teori dan Konsep tentang Uncertainty dan Probability serta Pengertiannya
  3. Modul 3: Pemahaman Beragam Pemodelan dalam Risk Management
  4. Modul 4: Konsep Identifikasi Bahaya dan Risiko
  5. Modul 5: Teknik Analisis Risiko dan Cara Menentukan Level of Risk
  6. Modul 6: Konsep Evaluasi Risiko dan Penetapan Pengendalian Risiko

Pelatihan dilakukan secara offline atau online. Pelatihan offline kami sarankan untuk kelas inhouse training perusahaan. Adapun secara daring (online) dengan menggunakan aplikasi Zoom. Oleh karena itu, setiap peserta diwajibkan memiliki fasilitas minimum berikut:

  1. Komputer/Laptop yang telah ter-install microphone
  2. Aplikasi Zoom
  3. Jaringan internet yang memadai (disarankan kuota tersedia minimum 3-4 GB, sinyal stabil non-buffering)

Pelatihan dijalankan dengan kapasitas maksimum peserta sebanyak 25 orang. Selama pelatihan berlangsung, peserta akan didampingi oleh satu orang Asisten Ahli sebagai admin yang akan tersedia untuk membantu hal teknis.

Waktu yang dibutuhkan untuk pelatihan Risk Management ini yaitu 8 jam pelajaran. Pembelajaran dapat dilaksanakan secara tatap muka (offline) maupun jarak jauh (online). Pelatihan secara tatap muka dapat diadakan secara inhouse training khusus satu perusahaan maupun mengikuti pelatihan publik yang bertempat di gedung Kami. Peserta mengisi presensi daring (online) sebagai bukti telah memenuhi jam pelajaran agar mendapatkan sertifikat pelatihan. Selama jam belajar, peserta wajib menaati tata tertib belajar, interaktif, dan partisipatif dan tidak dalam keadaan mobile (mengemudi, berkendara, safari, dll).

Tenaga Ahli

Pelatihan akan dibimbing oleh 1 (satu) orang Pengajar Ahli dan dipandu Asisten Ahli. Anggota tim merupakan Tenaga Ahli dibawah PT Indohes Magna Persada yang mumpuni di bidangnya berdasakan pengalaman akademis dan praktis. Profile tenaga ahli dapat dilihat pada halaman berikut https://indohes.com/tentang-indohes/

Contact us

Whatsapp Kami: https://wa.me/+628111123898
Office: 021-22790208
Gedung Multindo Persada, 2nd fl. Jl. Mampang Prapatan 26, Jakarta Selatan, Indonesia
www.indohes.com
contact@indohes.com