Safety Risk Assessment

Bagikan ke Sosial Media

Safety Risk Assessment / Penilaian Risiko Keselamatan

PENDAHULUAN

  • Apakah perusahaan anda mengandalkan penilaian risiko dalam mengelola keselamatan di tempat kerja?. Manajemen Risiko / Keselamatan memerlukan dasar yang kuat, yaitu daftar risiko ditempat kerja yang berbasis survey yang baik.
  • Apakah penilaian risiko di perusahaan anda pernah dilakukan oleh tim yang independen?

Penilaian risiko keselamatan yang baik memerlukan kecermatan yang tinggi, wawasan teori dan pengalaman yang luas dari tim penilai. Dan secara periodic perlu dilakukan oleh tim yang independen yang kompeten untuk memperoleh hasil yang lebih objektif.

Kekeliruan yang sering terjadi adalah penilaian risiko dilakukan dengan bertumpu kepada tools yang baku, dan kaku sehingga peran tim penilai menjadi tidak menonjol dan hasil penilaian yang diperoleh hanya sebatas cakupan yang tertera didalam tools. Hal yang demikian memperbesar peluang tidak ternilainya risiko-risiko yang potensial menimbulkan kecelakaan.

Pekerjaan penilaian risiko yang kami lakukan membantu anda meningkatkan efektifitas program keselamatan yang sudah di perusahaan anda, dengan rincian seperti yang tertera dibawah ini.

Objektif

Dengan adanya Daftar Risiko Keselamatan yang baik di tempat kerja, maka pengelolalan K3 akan menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan demikian diharapkan kinerja K3 perusahaan akan meningkat. Secara khusus perusahaan akan memperoleh pemahaman secara detil tentang hal berikut:

  1. Segala jenis Hazard yang ada ditempat kerja.
  2. Segala kemungkinan hal-hal, kejadian-kejadian yang tidak diharapkan yang menyebabkan hazard mengancam objek penting di perusahaan.
  3. Segala kemungkinan Dampak yang mungkin ditimbulkan.
  4. Segala kemungkinan cara pengendalian yang paling sesuai untuk dilakukan.

Metoda

Penilaian dilakukan dengan teknik survey yang berlapis sehingga diharapkan akan memperkecil bias yang mungkin timbul, sehingga hasil penilaian bisa diharapkan lebih “reliable”.   Secara hirarki akan dilakukan hal sbb:

Pengumpulan Data

  1. Observasi langsung ditempat kerja.
  2. Wawancara, termasuk wawancara mendalam.
  3. Diskusi Grup (bila memungkinkan)
  4. Kuesioner

Analisa

Analisa dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif.

Tenaga Ahli

  1. Chandra Satrya (Ketua Tim Penilai)
    Profesional K3 yang berpengalaman baik sebagai akademisi, maupun praktisi dalam bidang K3 khususnya dalam bidang Keselamtan.
  2. Beberapa Tenaga Ahli (anggota). Jumlahnya disesuaikan dgn besar kecilnya pekerjaan penilaian risiko.

BIAYA

Biaya penilaian risiko keselamatan mulai dari harga Rp. 25.000.000,- (Dua puluh lima juta rupiah).  Semakin besar lingkup pekerjaan penilaian risiko, biaya yang diperlukan akan meningkat secara proporsional.

WAKTU

Menyesuaian dengan lingkup tempat kerja yang diatas.