Pelatihan Dasar K3 Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Bagikan ke Sosial Media
Pelatihan Dasar K3, pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja, pelatihan k3

www.indohes.com

Kewajiban Pelatihan Dasar K3 Perusahaan

Pelatihan Dasar K3 adalah pelatihan terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang diberikan kepada karyawan, tamu, dan semua orang yang berada di lingkungan perusahaan sesuai amanat Undang-Undang Keselamatan kerja Nomor 1 Tahun 1970 pasal 9 yang berbunyi (Ejaan 2020)

  1. Perusahaan diwajibkan menunjukkan dan menjelaskan pada tiap tenaga kerja baru tentang
    1. Kondisi dan bahaya serta yang dapat timbul dalam tempat kerjanya
    2. Semua pengamanan dan alat-alat perlindungan yang diharuskan dalam tempat kerjanya
    3. Alat-alat perlindungan diri bagi tenaga kerja yang bersangkutan
    4. Cara-cara dan sikap yang aman dalam melaksanakan pekerjaannya
  2. Perusahaan hanya dapat mempekerjakan tenaga kerja yang bersangkutan setelah ia yakin bahwa tenaga kerja tersebut telah memahami syarat-syarat tersebut
  3. Perusahaan diwajibkan menyelenggarakan pembinaan bagi semua tenaga kerja yang berada dibawah pimpinannya, dalam pencegahan kecelakaan dan pemberantasan kebakaran serta peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja, pula dalam pemberian pertolongan pertama pada kecelakaan
  4. Perusahaan diwajibkan memenuhi dan mentaati semua syarat-syarat dan ketentuan ketentuan yang berlaku bagi usaha dan tempat kerja yang dijalankannya

Deskripsi Pelatihan Dasar K3

Pelatihan Dasar K3 Online – Untuk mencapai tujuan operasi yang aman, penting untuk memberikan pengetahuan yang memadai dalam K3 kepada semua personel perusahaan untuk memastikan mereka mengetahui risiko pekerjaan mereka dan mampu melakukannya dengan aman. Pelatihan K3 adalah satu di antara berbagai metode untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan pekerjaan yang aman dengan tujuan mencegah kecelakaan terjadi, menyelamatkan nyawa karyawan dan akhirnya mempertahankan bisnis perusahaan.

Pelatihan Dasar K3 Online – Pelatihan K3 dasar dimaksudkan untuk memenuhi tujuan ini dengan memberikan pengetahuan praktis diantaranya:

  • Peraturan dan regulasi yang relevan terkait HSE,
  • Prinsip K3 tentang bahaya dan risiko,
  • Peralatan Pelindung Diri (APD),
  • Dasar Kebakaran,
  • dst

Semua ini akan dilengkapi dengan contoh aplikasi praktis dan latihan dengan contoh yang relevan. Ini untuk memastikan bahwa peserta memiliki pembelajaran langsung yang diharapkan akan meningkatkan pemahaman dan keterampilan tentang apa dan mengapa K3 sangat penting dalam bisnis.

Tujuan Pelatihan

Tujuan yang akan dicapai dari pelatihan ini adalah peserta pelatihan memahami :

  1. Basic HSE relevant rules and regulations national wide
  2. Basic HSE principles on hazard and risk
  3. Basic Personnel protective equipment (PPE)
  4. Basic Incident causation
  5. Basic Occupational health and industrial hygiene

Sasaran

Sasaran pelatihan ini adalah seluruh staf karyawan perusahaan dengan semua skala perusahaan.

Metode Pelatihan

Paket pelatihan ini akan dilaksanakan Online via aplikasi ZOOM

Pelatihan dilakukan secara offline atau online. Pelatihan offline kami sarankan untuk kelas inhouse training perusahaan. Adapun secara daring (online) dengan menggunakan aplikasi Zoom. Oleh karena itu, setiap peserta diwajibkan memiliki fasilitas minimum yaitu:

  1. Komputer/Laptop yang telah ter-install microphone
  2. Aplikasi Zoom
  3. Jaringan internet yang memadai (disarankan kuota tersedia minimum 3-4 GB, sinyal stabil non-buffering)

Pelatihan dijalankan dengan kapasitas maksimum peserta sebanyak 25 orang. Selama pelatihan berlangsung, peserta akan didampingi oleh satu orang Asisten Ahli sebagai admin yang akan tersedia untuk membantu hal teknis.

Waktu yang dibutuhkan untuk pelatihan ini yaitu 8 jam pelajaran. Pembelajaran dapat dilaksanakan secara tatap muka (offline) maupun jarak jauh (online).

Pelatihan secara tatap muka dapat diadakan secara inhouse training khusus satu perusahaan maupun mengikuti pelatihan publik yang bertempat di gedung Kami. Peserta mengisi presensi daring (online) sebagai bukti telah memenuhi jam pelajaran agar mendapatkan sertifikat pelatihan. Selama jam belajar, peserta wajib menaati tata tertib belajar, interaktif, dan partisipatif dan tidak dalam keadaan mobile (mengemudi, berkendara, safari, dll).

Modul Pelatihan Dasar K3

Modul pelatihan secara umum adalah sebagai berikut.

  1. Modul 1: Basic HSE relevant rules and regulations national wide
  2. Modul 2: Basic HSE principles on hazard and risk
  3. Modul 3: Basic Personnel protective equipment (PPE)
  4. Modul 4: Basic Incident causation
  5. Modul 5: Basic Occupational health and industrial hygiene

Tenaga Ahli

Pelatihan akan dibimbing oleh 1 (satu) orang Pengajar Ahli dan dipandu 1 (orang) orang Asisten Ahli. Anggota tim merupakan Tenaga Ahli dibawah PT Indohes Magna Persada yang mumpuni di bidangnya berdasakan pengalaman akademis dan praktis. Profile tenaga ahli dapat dilihat pada halaman berikut https://indohes.com/tentang-indohes/

Contact us

Whatsapp Kami: https://wa.me/+628111123898
Office: 021-22790208
Gedung Multindo Persada, 2nd fl. Jl. Mampang Prapatan 26, Jakarta Selatan, Indonesia
www.indohes.com
contact@indohes.com