Alasan Sertifikasi Ahli K3 Umum Sangat Penting dalam Perusahaan

Ahli K3 Umum Kemnaker 2022

Sertifikasi Ahli K3 Umum – Keselamatan dan kesehatan Kerja (K3) menjadi hal penting yang wajib diperhatikan oleh sebuah perusahaan sekala nasional maupun internasional. K3 dibutuhkan dalam menunjang keselamatan karyawan dan perusahaan. Tempat kerja yang aman dan sehat dibutuhkan oleh karyawan. Perusahaan yang menerapkan K3 dengan baik bisa meningkatkan kinerja karyawan menjadi lebih efektif dan efisien.  

Pentingnya K3 dalam sebuah perusahaan telah diatur dalam undang-undang. Sayangnya, masih ada saja yang mengabaikan pentingnya K3. Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mencatat bahwa masih banyak perusahaan dan masyarakat yang belum menerapkan sistem K3 di tempat kerja. Kecelakaan kerja tidak hanya merugikan karyawan tapi juga perusahaan. 

Berdasarkan Permenaker No.2 Tahun 1992, disebutkan bahwa perusahaan yang punya tenaga kerja lebih dari 100 orang atau punya risiko kecelakaan kerja tinggi, wajib memiliki minimal 1 orang Ahli K3 Umum dengan Sertifikasi Kemnaker RI. Sertifikasi Kemnaker RI adalah program dari pemerintah untuk mengembangkan K3 di perusahaan.

Penjelasan lebih lengkap tentang pentingnya Ahli K3 Umum dalam perusahaan terangkum dalam poin-poin berikut ini!

1. Pengertian Ahli K3 Umum

Pegawai yang dipilih sebagai Ahli K3 Umum haruslah pegawai yang kompeten dan mempunyai Sertifikasi Ahli K3 Umum. Perusahaan yang tidak memiliki Ahli K3 Umum, wajib memberikan pelatihan atau kursus untuk perwakilan pegawainya, agar pegawai tersebut mendapatkan sertifikasi Ahli K3 Umum.

Dalam penerapan K3, tepaut dengan beberapa bidang ilmu. Seperti, ilmu kesehatan kerja, teknik keselamatan, teknik industri, kimia, fisika kesehatan, psikologi organisasi dan industri, ergonomika, dan psikologi kesehatan kerja.

2. Tugas Ahli K3 Umum

Setiap tenaga kerja di Indonesia punya hak yang sama untuk mendapatkan jaminan keselamatan dan kesehatan kerja. Itulah mengapa Ahli K3 Umum sangat dibutuhkan di sebuah perusahaan. Ahli K3 Umum harus dipilih dari tenaga kerja yang punya sertifikasi Ahli K3 Umum.

Tugas Ahli K3 Umum adalah membantu pemerintah untuk ikut mengawasi berjalannya pekerjaan sesuai perundang-undangan yang berlaku. Ahli K3 Umum juga ikut berperan dalam mengurangi risiko kecelakaan dan penyakit dalam dunia kerja.

Manajemen K3 dalam praktiknya meliputi beberapa hal penting di antaranya:

  • Pencegahan kecelakaan kerja
  • Pemberian sanksi
  • Kompensasi
  • Penyembuhan luka dan perawatan untuk pekerja
  • Menyediakan perawatan kesehatan dan cuti sakit.

Seorang pegawai yang ditunjuk menjadi Ahli K3 Umum punya wewenang sebagai berikut :

  • Mendapatkan informasi seputar syarat dan hal yang berhubungan dengan pelaksanaan K3
  • Menjaga dan mengawasi proses pelaksanaan K3 sesuai dengan bidang yang ditekuni.
  • Mengontrol keadaan lingkungan kerja untuk menghindari risiko kecelakaan kerja.
  • Membuat laporan secara berkala, seputar pelaksanaan tugas Ahli K3 Umum yang dijalaninya.

3. Sertifikasi Ahli K3 Umum

Perusahaan tidak bisa begitu saja memilih pegawai untuk menjadi Ahli K3 Umum. Pegawai yang dipilih wajib memiliki Sertifikasi Ahli K3 Umum dan bersedia menjalankan tugasnya dengan baik.

3a. Siapa Yang Bisa Mengikuti Pelatihan Sertifikasi Ahli K3 Umum:

  • Pelajar dan Mahasiswa dengan pendidikan minimal SMK dan D3.
    • Calon karyawan atau karyawati.
    • Pekerja di setiap level pada suatu perusahaan.
    • Pegawai yang ingin meningkatkan kompetensinya.
    • Seorang profesional di bidangnya.       

3b. Cara Mendapatkan Sertifikasi Ahli K3 Umum:

Cara mendapatkan sertifikasi Ahli K3 Umum adalah dengan pengikuti kurusus atau pelatihan Ahli K3 Umum. Calon Ahli K3 Umum akan mengikuti beberapa tes. Prosedur tes dan proses pelatihan bisa berbeda-beda, tergantung dari jasa penyedia pelatihan tersebut.

3c. Ciri Penyedia Pelatihan Sertifikasi Ahli K3 Umum Terpercaya:

  • Penyedia pelatihan memiliki izin PJK3 (Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang jelas demi keamanan peserta pelatihan.
  • Penyedia pelatihan yang memiliki PJK3 biasanya tergabung dalam Asosiasi Lembaga Pembinaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Indonesia (ALPK3I)
  • Penyedia pelatihan yang kompeten bisa dilihat dari relasinya. Para penyedia jasa pelatihan biasanya dicantumkan pada website resmi mereka.  

4. Manfaat Sertifikasi Ahli K3 Umum

Manfaatnya tidak hanya untuk perusahaan, tetapi juga untuk tenaga kerja itu sendiri.

4a. Manfaat Sertifikasi Ahli K3 Umum untuk Perusahaan:

  • Mengurangi risiko kecelakaan dan penyakit dalam dunia kerja.
  • Meningkatkan citra positif bagi perusahaan.
  • Meningkatkan kepercayaan perusahaan terhadap mitra kerja.
  • Meningkatkan profit perusahaan.

4b. Manfaat Sertifikasi Ahli K3 Umum untuk Pribadi:

  • Meningkatkan kompetensi diri di bidang K3.
  • Menjadi Ahli K3 Umum di perusahaannya.
  • Meningkatkan nilai jual di dunia kerja dan dunia industri.
  • Dapat memberikan pelatihan di perusahaannya seputar K3.

5. Bahaya di Tempat Kerja

Kecelakaan kerja yang terjadi di sebuah perusahaan mengakibatkan banyak kerugian. Tidak hanya kerugian bagi karyawan, tapi juga bagi perusahaan. Itulah mengapa menerapkan manejeman K3 yang baik, sangat penting untuk pencegahan risiko bahaya. Dalam proses menjalankan K3, seorang Ahli K3 Umum sangat besar perannya bagi suatu perusahaan.

5a. Bahaya Fisik dan Mekanik

Sampai saat ini bahaya fisik masih menjadi hal serius bagi perusahaan. Sebab, bahaya fisik adalah sumber utama terjadinya kecelakaan di banyak perusahaan. Bahaya mekanik berarti kecelakaan kerja yang disebabkan oleh mesin yang bisa membahayakan pekerja. Bahaya fisik dan mekanik banyak terjadi pada perusahaan konstruksi, pertambangan, transportasi dan sebagainya.

Seiring berjalannya waktu dan bidang industri semakin berkembang, risiko bahaya fisik dan mekanik pun meningkat. Tidak hanya di perusahaan dengan pekerjaan risiko tinggi, tapi juga setiap perusahaan punya risiko bahaya kecelakaan masing-masing.

5b. Bahaya Psikologis dan Sosial

Setiap pekerja dalam bidang apa pun, berhak mendapat perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja. Bukan hanya dalam kesehatan fisik dan biologis, tapi juga dari bahaya psikologis dan sosial.

Bahaya psikologis dan sosial di antaranya berupa:

  • Stres karena jam kerja melebihi batasan wajar dan upah yang tidak sesuai.
  • Kekerasan dalam organisasi dalam perusahaan.
  • Penindasan dan pelecehan seksual.
  • Barang candu yang menganggu kenyamanan kerja, seperti rokok dan alkohol.

Penerapan K3 dalam sebuah perusahaan disesuaikan dengan bidang industrinya masing-masing. Sehingga, agar K3 bisa berjalan sebagaimana mestinya, diperlukan peran penting Ahli K3 Umum dalam perusahaan. Memiliki Ahli K3 Umum yang kompeten adalah kebutuhan penting sebuah perusahaan.

Setelah mengetahui penjelasan-penjelasan seputar K3 dan Ahli K3 Umum, diharapkan perusahaan dan masyarakat lebih peduli terhadap penerapan K3. Penerapan K3 pada suatu perusahaan diharapkan bisa membawa manfaat besar dalam hal keselamatan pegawai dan meningkatnya produktivitas perusahaan.   

Indohes Magna Persada punya beberapa jadwal untuk Sertifikasi ini. Anda bisa memilih sesuai dengan bidang dan kompetensi yang dibutuhkan. Sebagai perusahaan konsultan K3 terpercaya, Indohes Magna Persada selalu berupaya memberikan layanan terbaik untuk Anda. Setiap kursus atau pelatihan yang Anda ikuti bersama kami, sudah pasti mendapatkan Sertifikasi Kemnaker RI.

Jangan ragu menghubungi kami untuk kebutuhan K3 perusahaan Anda. Kami siap memberikan informasi seputar Pelatihan K3, Konsultan K3 dan pengadaan peralatan K3 terbaik untuk Anda. Anda dapat mengunjungi kami di website resmi indohes.com